TechnoUpdate News

Scuderia Ferrari dan IBM Luncurkan Aplikasi Mobile AI, Pengalaman Digital Tifosi Naik Level!

Ferrari menggandeng IBM meluncurkan pembaruan aplikasi mobile yang lebih canggih dan immersive untuk penggemar setianya di seluruh dunia. Dengan teknologi AI generatif watsonx, aplikasi ini menyajikan data balapan dalam bentuk visual dinamis

Scuderia Ferrari HP dan IBM bersama-sama meluncurkan update aplikasi mobile yang dirancang untuk menghadirkan pengalaman digital yang lebih immersive bagi sekitar 400 juta penggemar Ferrari global (Tifosi). Tersedia di Apple App Store dan Google Play Store, aplikasi ini kini hadir dalam bahasa Inggris dan untuk pertama kalinya, bahasa Italia. Didukung oleh teknologi AI generatif watsonx dari IBM, aplikasi ini mendekatkan penggemar dengan tim, pembalap, dan dunia balap Ferrari — kapan saja, di mana saja.

  Jonathan Adashek, SVP Marketing & Communications IBM, mengatakan IBM dan Ferrari terhubung oleh komitmen bersama untuk progress, inovasi, dan excellence. “Dengan AI, kami menciptakan cetak biru baru untuk keterlibatan penggemar secara digital supaya bisa lebih dekat ke Scuderia Ferrari, baik saat pekan balapan atau kapan saja”, ujar Jonathan Adashek

Jonathan menambahkan, aplikasi ini dibangun dengan teknologi data dan analitik yang sama digunakan oleh klien IBM di berbagai industri untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, membantu karyawan mencapai tingkat produktivitas baru, dan membuat keputusan bisnis yang lebih tepat dan berbasis data.

Para pengguna aplikasi ini dapat menikmati dan menggunakan fitur utama di aplikasi ini. seperti:

Rangkuman Balapan Berbasis AI: Rangkuman performa tim akan dihasilkan beberapa jam setelah balapan, menyajikan narasi dari data kompleks menggunakan platform AI IBM watsonx.

Insight Pasca-Balapan & Visualisasi Data: Telemetri, cuaca, kondisi trek, hasil sesi, serta strategi mobil dan penggunaan ban akan disajikan secara interaktif dalam bentuk visual dinamis.

Read More  Astra dan Kemendag Luncurkan Program UMKM “BISA” Ekspor untuk Dorong Produk Lokal ke Pasar Global

Insight Historis dari Pembalap dan Tim: Analisis perbandingan momen kunci musim 2025 dengan pencapaian masa lalu Scuderia Ferrari, dihasilkan oleh LLM dari watsonx termasuk IBM Granite.

Pesan Penggemar: Fitur untuk mengirim pesan langsung ke tim, dengan peluang ditampilkan di platform komunikasi resmi seperti media sosial dan blog.

Jajak Pendapat Penggemar Interaktif: Voting harian untuk topik-topik seperti kualifikasi, performa balapan, dan momen favorit Ferrari.

Highlight Balapan Ikonik: Rangkuman visual dari beberapa kemenangan paling terkenal Ferrari selama beberapa dekade terakhir.

Sementara itu Scuderia Ferrari HP dan IBM mengembangkan aplikasi ini dengan tujuan memperdalam keterlibatan penggemar dengan Scuderia Ferrari HP secara berkelanjutan. Menyediakan pengalaman digital yang immersive, personal, dan relevan sepanjang musim balapan.

Selain itu juga bertujuan untuk menghadirkan konten berbasis data melalui teknologi AI generatif IBM watsonx dan LLM termasuk Granite, yang mengubah data kompleks menjadi insight dan narasi balapan yang mudah dipahami. Memungkinkan interaksi dua arah antara tim dan penggemar, kapan saja dan di mana saja. Serta,menjadi platform utama untuk membangun koneksi emosional dan loyalitas penggemar jangka panjang.

 Aplikasi ini bertujuan untuk mendekatkan semua penggemar ke  dunia balap Ferrari. “Dengan teknologi AI yang mutakhir dari IBM dan komitmen bersama kami terhadap inovasi dan excellence, kami menciptakan pengalaman digital yang layak,” kata Lorenzo Giorgetti, Chief Racing Revenue Officer, Scuderia Ferrari HP

Proyek ini baru saja diluncurkan dan akan menjadi semakin komprehensif dalam beberapa bulan mendatang dengan memaksimalkan potensi tools yang disediakan oleh IBM.” Saya tidak sabar melihat penggemar berinteraksi dengan aplikasi ini, serta memasuki dimensi baru dalam pengalaman Ferrari.” ujarnya.

Back to top button